hAtI kU

Fatwa Wonggendeng tentang Doraemon

Posted on: Desember 23, 2007

Lama juga ndak nulis di blog ini karena tidur yang panjang. Tapi tiba-tiba saja saya dibisingkan oleh koar-koar suara alam ghaib yang menusuk-nusuk telinga saya. koar-koar suara itu saking nyaringnya hingga merobekkan telinga dalam saya. Melirik keluar dengan membuka jendela, oww…..ternyata menuso, bukan manungsa/manusia yang diartikan iman dumunung ingkang kuasa (iman kepada yang berkuasa atau Tuhan) tapi menuso alias menus-menus kakehan duso (berbenjolan karena kebanyakan dosa) yang lagi berkoar-koar.
Hmmmm masalah klasik, ya, saya sebut ini masalah klasik yang memang benar-benar klasik. Saya akui umur saya baru 21 tahun, belum banyak makan asam garam kehidupan dan belum seperti sampeyan-sampeyan itu yang telah banyak makan kitab agama buat referensi menjalani kehidupan dan tentunya bukan untuk saling menghujat (seperti sekarang) karena beda prinsip dan beda dalam penelaahan kitab suci Al quran dan Al hadits. Tapi setidaknya saya tahu inti masalah yang sedang sampeyan semua perdebatkan hingga memekakan telinga saya ini. Masalah menghalal-haramkan lagi.
Kali ini masalah kartun, Doraemon itu, dan lagi-lagi bermula dari wacana seorang berkitab tebal, berjenggot lebat, berbaju gamis dan *mengaku* bermanhaj salaf yang menjiplak tulisan. Dari golongan *ngakunya salafy* ini bahwa kartun doremon cs di haramkan oleh agama. Namun dipihak lain banyak juga yang menentang wacana si ustad salafy ini. Tidak sendirian, sang ustad di bantu rekannya untuk memberondong penentang wacana tersebut. Entah rekannya atau mungkin si ustad itu sendiri yang membuat domain lain.
Maaf saya bukan bermaksud mendeskriditkan salah satu pihak, baik itu yang bermanhaj salafy maupun *mungkin* pengagum demokrasi (quote merah dibawah ini saya ambil quote dari sini)

Begitulah para reaksioner itu menimpali. Kemudian, membuat wacana atas nama demokrasi yang mereka tuangkan di blog. Tidak cukup tulisan, gambar Doraemon pun dipajang besar-besar hampir 1/3 page, masih kurang puas…. avatarnya pun gambar Doraemon. Ada lagi gambar kartun yang lain.

Namun disini saya mencoba memberi jalan tengah dan semoga sampeyan semua bisa memakluminya.

  • Fatwa wonggendeng:
Seperti kebimbangan seorang blogger dulu, tentang hukum gambar bernyawa, kasus inipun memang sama. Tolong sampeyan semua baca tulisan saya ini baik-baik. Seperti tulisan saya yang berwarna biru diatas, sampeyan tentu tahu maksudnya. Ya, pada dasarnya kita ini berbeda dalam penafsiran tentang Al quran dan As Sunah. Dan ulama-ulama terdahulu pun berbeda dalam penafsiran tentang hukum gambar bernyawa ini. Ulama dahulu, ADA YANG MENGHARAMKAN dan ADA YANG MEMBOLEHKAN. Mungkin sampeyan yang bermanhaj salafy mengikuti ulama yang mengharamkan gambar bernyawa, begitu juga yang berbeda persepsi *mungkin* menganut ulama yang membolehkan gambar bernyawa. Ya, saya tahu sampeyan semua punya referensi kitab yang berjibun hingga segudang. Namun JANGAN PAKSAKAN KITA UNTUK SAMA karena PERBEDAAN DALAM UMMATKU ADALAH RAHMAT (sabda nabi). Namun bagi manhaj salafy mohon (walaupun anda semua mempunyai referensinya) jangan menilai sesat satu golongan.
Setinggi apapun ilmu kita, sebanyak apapun referensi kitab kita, namun kita hanyalah MANUSIA BIASA. Yang berhak menilai sesat maupun mengkafirkan, adalah HAK ALLAH. Jangan sampeyan rebut HakNya!!!!!!!!
marilah kita sama-sama beristighfar………ASTAGHFIRULLAHAL ADZIM…….
Tembusan:
Iklan

32 Tanggapan to "Fatwa Wonggendeng tentang Doraemon"

ah, sayangnya mereka yang ngaku menganut manhaj salafush shalih itu menganggap hadist “perbedaan adalah rahmat” adalah hadist yang dhaif. menurut mereka, semua yang mengaku bergama islam haruslah bersatu di bawah manhaj salafush shalih. agak repot juga, kan? gyehehehehe! :mrgreen:

Lha ya, gimana ya Mas Abee, untuk bisa saling menerima perbedaan saja kok sulitnya minta ampun yak. Kalo dah saling mengklaim bahwa pendapatnya sendiri yang paling bener, lantas menganggap pihak lain yang nggak sepaham dicap sebagai kafir atau sesat ya repot. Kapan sesama umat muslim bisa membangun ukhuwah!

Udahlah kita adu aja siapa yang kuat. Mungkin sudah saatnya menumpahkan darah sesama?…he…he…ikuti terus ajakan…..MR.iBLiS

udah coba ngomong dengan pengikut salaf pa belum ?

RETORIKA:::

saya sudah. berkali2, lho… πŸ˜›

@ komen di atas: Sudahnya itu berkali-kali, ditanggapi dengan ketus pun berkali-kali. Gimana mau dialog, toh saya rasa (pribadi) pihak sana kebanyakan monolog. πŸ˜›

@ Lockon Stratos a.k.a. Tendo Soji
sifat yang lumrah? 😦
@ Dekisugi
sungguh sangat disayangkan kalau hal tersebut benar adanya 😦
@ sawali tuhusetya
wah,pak, agaknya perlu pengkajian mendalam bahwa kita semua punya “hati” sendiri-sendiri dalam memaknai sesuatu
@ danalingga
astaghfirullah…….. πŸ˜₯
@ daeng limpo
*kirim iblis ke neraka*
@ retorika
menanggapi kasus terdahulu (tentang kearoganan antosalafy), agaknya ini akan berjalan alot juga
@ dekisugi
hasilnya?
@ rozenesia
semoga dengan kasus ini mereka bisa sedikit lebih menerima perbedaan

hanya karena beda baju aja kok ya ribut…

heran sayah….

kulitnya di ributkan sedang isinya di ambil orang lain diam 😦

hasilnya…ndak ada hasilnya. kayak ngomong sama tembok! tapi bakal saya coba terus πŸ˜€

@ dobelden
emang kok, mas, masih saja ribut dengan sesama 😦
@ dekisugi
semangat!!!!!! :mrgreen:

Yang penting saling mengingatkan saja
dengan cara baik tentunya πŸ˜€

Dunia ini harus berbeda.. kalau sama ya gak rame…
Namanya orang kesel wajar saja kalau bicaranya sedikit aneh

Saya hanya bisa berujar, mudah mudahan dosa dosa mereka diampuni oleh Tuhan.

habis kata, mau ngomong apa lagi soal beginian,
pokoknya, beda itu nikmat!

sampeyan kok avatarnya gambar bunga ??
salafi yah ?? *menatap penuh curiga* πŸ˜€

hai….

*berdiri di pinggir sambil dadah2an*

Menurut saya lebih baik mereka mengharamkan Doraemon dengan dalih bahwa gambar bernyawa itu haram saja. Nggak perlu sok membahas aspek edukatif Doraemon dan kawan-kawan secara psikologis dan politis, jadinya ‘kan mengada-ada.

Mungkin lucunya mirip dengan apabila mereka mengharamkan Martini dan Scotch. Nggak perlu dibahas dari segi medis, atau apa, cukup dengan dalil keharamam khamr yang mereka yakini, keharaman itu bisa dipastikan (oleh mereka tentunya) tanpa, euh, mengada-ada.

@ kopral geddoe
yapp. mungkin dengan apa yang dijelaskan sampeyan, masalahnya nggak akan serumit ini. jadi, kalau hanya masalah haram halalnya gambar bernyawa, sang pembaca bisa memilih setuju dan tidak setuju dengan artikel tersebut

*ngakak guling guling*
Abee bisa aja…

Lagipula, ternyata ungkapan “Lihat omongannya jangan lihat orangnya” itu berasal dari suatu hadits lho!

jadi sekalipun dari anime, kalo bermanfaat ambil, kalo ga ya buang..

Gambar bernyawa itu gimana to mas?
Bisa ngomong dan jalan-jalan gitu ya … πŸ˜€

*ditendang*

Kayaknya saya ketinggalan deh, singkatnya kenapa je Doraemon itu ilegal?

@ Lockon Stratos a.k.a. Tendo Soji
gidu yaks? :mrgreen:
@ sigid
mungkin πŸ˜†
@ sigid
di ilegalkan amak oknum :mrgreen:
makanya hayo ngeblog n buat tulisan lagi jangan hiatus mulu

[…] mereka mengharamkan burger yang nyam nyam … Terima kasih sebelumnya atas inspirasi buat : 1. Wonggendeng 2. Chaosregion 3. Kabotorider 4. […]

Maap, kalo pas lagi ngobrol ama orang salafi, tolong tanyain, di rumahnya ada tipi gag. kalo ada saya siap menerima sumbangannya. Kan mereka gag boleh liat tipi, isinya gambar hidup. juga DVD, Komputer, Play Station, Laptop, dan sebangsanya yang bisa mengeluarkan/ mencetak/ merekam gambar hidup. termasuk handicam dan Camera Digital. Daripada di rumah mereka juga gag dipake kan, mendingan buat saia sajah. Terima kasih. Email saya keliatan dari situ gag ya??
kalo gag keliatan saia tulis dah. nomor_lima@yahoo.com. tolong hubungi saya kalo ada yang mau membuang barang-2 di atas.
πŸ˜€

Kalau kita semua harus sama, ya ngapain nabi dilahirin orang dia entar sama aja kayak kita, Bener gak.

ko cuma masalah begini kamu ribut kan?
saya cuma mau menyakan dalil yg memboleh kan nya…bisa kasih tau saya?terima kasih banyak…

iank byk dunk poto doraemon’a…….

yg penting ga kebawa2 esmosi hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

tanggal

Desember 2007
S S R K J S M
    Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

kenangan

:::PeRnAk-PeRniK:::


::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
Technorati ProfileAdd to Technorati Favorites

lAgi NgiNjAk-iNjAk

%d blogger menyukai ini: